It’s My Life


Naik 272 Anak Tangga, Berburu Coklat Tongkat Ali di Kuala Lumpur
Maret 25, 2008, 1:43 am
Filed under: Umum

Keinginan mengunjungi Batu Caves di Negara Bagian Selangor, akhirnya terpenuhi juga. Batu Caves tidak termasuk dalam rencana perjalanan kami sebelumnya. Tetapi, karena Batu Caves adalah salah satu tempat warga Hindu ber-tirtayatra dan saya tertarik mengetahuinya, saya mengusulkan ada perubahan rute, yang diamini Ade dan Paulus.

“Siapa yang bisa naik ke atas, saya kasih hadiah,” tantang Baia. Batu Caves terdiri atas tiga gua besar, salah satunya menjadi gua utama tempat pura umat Hindu sejak zaman purbakala. Tiap tahun, umat Hindu menyelenggarakan Thaipusam Festival di sini yang menyedot perhatian para turis. Agar sampai di pura, pengunjung harus menaiki anak tangga sebanyak 272 tingkat, belum termasuk tangga tambahan di dalamnya yang lebih kurang berjumlah 50 anak tangga. Itu sebabnya, Baia menantang kami.

“Kalau belum sampai di atas, rugi juga. Toh sudah sampai di sini,” kataku. Sepuluh sulinggih dari Jembrana yang satu pesawat denganku saat perjalanan ke Kuala Lumpur, juga mampir ke sini sebelum tirtayatra ke India. Ups, ternyata berat juga. Saya beberapa kali melihat anak tangga yang bertuliskan angka hingga 272 itu. “Baru separuh,” ujar Paulus. Duh, paha ini rasanya berat sekali.

Rasa sempoyongan setelah mendaki tangga akhirnya tertebus dengan pemandangan indah di dalam gua. Gua itu tidak sepenuhnya tertutup. Ada celah di atas yang membuat gua itu beratapkan langit. Bau kotoran kelelawar terasa sangat menyengat. Meski begitu, tak mengurangi keindahan gua yang berhiaskan patung Ganesha dan ada pura Sri Velayuthar Swamy, pura utama di Batu Caves.

Di dekat Batu Caves, ada duty free shop. Namanya Geneve Timepiece. Ini tempat belanja bebas pajak yang menjual berbagai aksesoris bermerk terkenal. Ketika kami kunjungi, Geneve Timepiece memberi diskon hingga 80% untuk pembelian kacamata. Ada merk Rayban, Guess, Bonia, dll. Kalau mau beli barang bermerek dengan harga murah di Malaysia, patokanku selalu minimal diskon 70%. Alasanku, harganya masih terjangkau dan bisa jadi lebih murah jika dibandingkan beli di Indonesia.

Perjalanan ke Batu Caves ini bisa dipaketkan dengan kunjungan ke Putrajaya kalau tak ingin menginap di kota pemerintahan Malaysia itu. Pagi di Putrajaya, usai makan siang langsung ke Batu Caves. Perjalanan hari itu akan makin menyenangkan jika ditutup dengan makan malam di Seri Angkasa Revolving Restaurant di Menara Kuala Lumpur. Restoran berputar ini terletak satu tingkat di atas tempat observasi di Menara Kuala Lumpur setinggi 421 meter. Sembari makan, kita bisa menikmati pemandangan Kuala Lumpur 360 derajat. Menu makanan ala western, Chinese, dan Melayu disajikan di sini.  

Berburu Coklat

Jika ingin menginap di Kuala Lumpur, sebaiknya pilih saja di sekitar jalan Bukit Bintang. Lokasi ini menjadi salah satu pusat wisata belanja di Kuala Lumpur. Kalau mau di tengah-tengah pusat belanja, menginap saja di Grand Millenium Hotel. Hotel berbintang lima ini berseberangan dengan beberapa mal. Cukup berjalan kaki, kita bisa mengunjungi beberapa mal besar sekaligus seperti Pavillion, Lot 10, dan Sungei Wang.

Tak jauh dari Bukit Bintang, ada tiga rumah coklat yang menjual berbagai jenis permen coklat. Kunjungi saja Cocoa Boutique atau Beryl’s Chocolate Kingdom di Jalan Utara. Kita bisa berburu beragam jenis coklat di sini. Dalam perjalanan ke Beryl’s Chocolate Kingdom, Ade berkelakar. “Kalau ada coklat cabai, cocok tuh dijual di Padang.” Ade memang orang Padang yang terkenal hobi makan makanan pedas. Kami tertawa. Tak dinyana, saat tiba di rumah coklat itu, ternyata coklat rasa lombok pedas itu ada. Pun demikian halnya dengan coklat kentang. Khusus coklat kentang, setelah dicoba, rupanya yang benar adalah kentang dibungkus coklat, bukan coklat rasa kentang. Yang paling diburu laki-laki adalah coklat tongkat ali, yang konon bisa bikin stamina penikmatnya jadi lebih ‘greng’. Coklat rasa tirasimu dan durian menjadi favorit kebanyakan peserta Mega Fam Trip dari Indonesia. Kalau mau hemat, beli saja coklat dalam kemasan ekonomis. Coklat tiramisu seberat 500 gram dijual seharga 44,50 ringgit, lebih murah dibandingkan dalam kemasan kotak yang dijual 45,90 ringgit seberat 170 gram.

Kalau mau mencari keberuntungan lewat mata kulit ikan pari, kunjungi Roncato Leatherware di Jalan Utara. Toko ini menjadi pusat penjualan barang-barang yang terbuat dari kulit seperti jaket, tas, dompet, dan sepatu. Jika beruntung, pengunjung bisa mendapatkan penawaran istimewa: beli satu gratis satu. Kulit ikan pari menjadi salah satu favorit pengunjung. Konon, kulit ikan pari yang ada ‘matanya’ bisa mendatangkan keberuntungan. “Yang paling bagus yang ada ‘matanya’, karena bintik ini hanya ada satu di tiap ikan pari,” ujar salah satu pegawai Roncato. Sebelum berbelanja, Joe Ong, Executive Manager Roncato Leatherware Sdn Bhd memberi pengetahuan tentang barang-barang berbahan dasar kulit. “Agar tidak tertipu, kulit asli atau imitasi,” kata Baia.

Jika ingin membeli keperluan rumah tangga, datang saja ke Ikea. Toko ini ditata seperti gudang. Di dekat pintu masuk, ada showroom. Pengunjung bisa memilih-milih barang yang diinginkan di sana. Di dekat Ikea, ada pusat berbelanjaan The Curve dan Courts Megastore. Courts Megastore ini rupanya jaringan dari Courts Indonesia. Tak jauh dari sana, ada juga pusat belanja One Utama. Bosan berkelana di shopping mall? Putar arah ke Jalan Masjid India. Kita bisa berburu aneka tekstil berharga murah di kawasan Little India ini.   


6 Komentar so far
Tinggalkan komentar

bacanya sambil ngiler. kapan ya bisa melali ke KL?🙂

Komentar oleh anton

hiks…jadi sedih…karena aku tidak jadi berangkat ke KL…
(bukan jadi TKW lo…)

Komentar oleh ikha

Kalo kangen pgn coklat beryl’s, silakan kunjungi chocoland.multiply.com🙂

Komentar oleh chocoland

If some one desires to be updated with hottest technologies after that he must
be visit this website and be up to date all the time.

Komentar oleh duty free shop

What’s up, I wish for to subscribe for this blog to get most up-to-date updates, thus where can i do it please help out.

Komentar oleh cheapest youtube views

I do not even know how I ended up here, but I thought this post was great.
I do not know who you are but certainly you are going to a famous blogger if you
are not already😉 Cheers!

Komentar oleh http://bol-com-couponcodes-2013.blogspot.nl




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: