It’s My Life


Garuda oh Garuda
Agustus 24, 2008, 9:40 pm
Filed under: Personal | Tag: ,

Perjalanan ke Jakarta Jumat (22/8 ) memberi pengalaman baru buatku. Ini kali pertama aku merasakan naik pesawat yang ditarik keluar dari landasan ke tempat parkirnya. Seluruh penumpang GA 409 jurusan Denpasar-Jakarta dibuat terkejut saat pesawat hendak mendarat. Pesawat tidak bisa berhenti sempurna, saat mengerem, seperti mengerem dadakan beberapa kali sehingga penumpang terguncang-guncang. Ini memang tidak seperti biasanya. Aku tidak sempat menghitung, tetapi lebih kurang empat kali hentakan, pesawat lalu berbelok di tengah landasan pacu. Tak lama kemudian, pesawat berhenti.

Setelah pesawat benar-benar berhenti, pilot memberi informasi. Ada kerusakan sistem hidrolik pada pesawat. Kami harus menunggu sampai pesawat ditarik keluar landasan menuju tempat parkir.

“Wuih, apa jadinya kalau ini terjadi di atas ya?” kata seorang penumpang. Setelah 1,5 jam tidak berkomunikasi dengan penumpang di sebelahku, akhirnya kami berbincang. “Kalau terjadi di Yogya, pasti nasib kita sama seperti penumpang yang dulu nyungsep keluar landasan,” kataku. Dia tertawa. Bapak itu malah punya pengalaman lebih menarik. Ketika berkunjung ke Kalimantan dan naik helikopter, rombongannya tak menemukan lokasi yang dituju meski koordinatnya sudah ditemukan. Alhasil, setelah berputar-putar di udara selama 20 menit, si pilot cari akal. Dia menurunkan helipoter di dekat permukiman penduduk, bertanya di mana lokasi yang dimaksud. “Kayak naik ojek aja Pak,” gurauku. Pasalnya, setelah tahu lokasi itu, si pilot menerbangkan kembali helipoternya.

“Saya juga pernah harus sabar menunggu Lion Air mendapat tangga untuk turun dari pesawat. Kami harus menunggu satu jam untuk mendapat satu tangga,” ceritanya. Nasib kami hari itu tak separah cerita si Bapak. Kami hanya menunggu 30 menit dan keluar dengan satu tangga dari pintu tengah. Hanya itu pintu yang dibuka.

Minggu (24/8), Garuda kembali membuatku kelimpungan. GA 4022 yang dijadwalkan berangkat pukul 07.30, tak ada dalam jadwal. Berkali-kali aku melihat layar jadwal penerbangan. “Masih kepagian kali, jadinya belum masuk daftar,” kata Eko yang mengantarku ke bandara. “Nggak mungkin, wong yang dijadwalkan terbang pukul 07.45 aja udah masuk daftar kok,” sergahku. Aku putuskan segera ke counter check in. Ups, memang nggak ada. Aku ikut penerbangan GA 402 pukul 08.10. Uh, menyebalkan.

Rasanya aku udah pengen masuk ke pesawat agar bisa tidur secepatnya. Sial, ada pengumuman. Penerbangan ditunda 35 menit. Aku tambah mengantuk. Lagu-lagu di Ipodku tak membuatku nyaman lagi. Aku keluar dari ruang tunggu, membaca The Secret yang belum kutuntaskan selama seminggu ini. Eh, tak sampai 35 menit, penumpang dipanggil. Boarding. Aku jadi kasihan sama penumpang yang keluar untuk minum kopi. Pasti mereka terburu-buru. Ndalalah, meski sudah dipanggil dan rasanya semua penumpang sudah berkumpul di ruang tunggu, kami belum dipersilakan masuk ke pesawat. Jadilah, ruang tunggu penuh sesak. Sebagian penumpang harus berdiri karena kekurangan kursi.

Selang 15 menit kemudian, kami baru dipanggil. Ah, akhirnya. Begitu duduk, aku langsung memasang earplug, sabuk pengaman, dan tidur! Aku terbangun karena kepalaku mulai terantuk-antuk. Loh, pesawat belum terbang! Padahal aku sudah tidur nyenyak selama 30 menit. Buset dah. Aku lihat-lihat sekitar. Penumpang yang lain juga banyak yang tidur. Sesaat kemudian, ada pengumuman. Pesawat belum bisa lepas landas karena ada masalah administrasi. Hah?

Duh, udah haus banget. Susu cokelat udah aku habiskan di ruang tunggu. Mana nggak bawa air minum. Untung, mereka tak berlama-lama. Layar monitor di pesawat menayangkan pandangan landasan pacu. Aku jadi tahu gimana situasi di depan pilot saat lepas landas. Setelah itu, tak penting lagi. Yang paling penting, aku pakai penutup mata dan tidur lagi!


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Alamak, asyiknya menikmati perjalanan Erhanana. Penuh gejolak. Enak dibaca dan lancar. Wah, sebuah pengalaman yang penting bagi pembaca lain. Pengalaman yang mengesankan.

Komentar oleh johnherf




Tinggalkan Balasan

